Selasa, 08 Maret 2016

Pengantar Ilmu Politik - Tugas #1

"Apa hal menarik tentang Politik menurut Anda?"


Ketika mendengar itu, saya berpikir keras. Kira-kira apa ya? Karena sebelumnya, menurut saya politik adalah hal yang "gak banget". Tapi setelah mendengar penjelasan dosen, saya berpikir sebenarnya politik adalah hal yang menarik, namun karena kondisi dunia politik Indonesia yang cenderung kotor, jadilah politik menjadi momok yang buruk dipikiran saya (mungkin dipikiran teman-teman saya juga).

Setelah saya pikir-pikir, setiap hal pasti punya sisi positif dan negatif. Ada sisi menarik dan juga sisi tidak menarik. Seperti halnya Politik. Politik memiliki 'sesuatu' yang menarik. Menurut saya, Politik menarik karena Politik bisa dibilang menjadi dasar adanya demokrasi di suatu negara. Seperti Indonesia, orang-orang yang menjabat hampir semua berasal dari orang-orang Politik. Pemilihan umum yang dilakukan juga berdasarkan hal-hal politik. Bisa dibilang, politik merupakan bidang yang penting bagi keberlangsungan pemerintahan dalam suatu negara. Dan yang lebih menarik lagi, sebenarnya Politik juga berlangsung dalam kehidupan kita sehari-hari. Hanya saja, politik yang kita anut berbeda dengan yang ada dalam sistem pemerintahan suatu negara. Intinya adalah, Politik menarik karena cara berpolitik bisa digunakan dalam memimpin, mengubah, mengembangkan, dan memperbaiki suatu masalah. Itu semua bisa dilihat dari pemerintahan negara kita sendiri, Indonesia.

Politik juga menjadi hal yang sebenarnya wajib dipelajari. Karena kalau kita mengerti politik, terlebih lagi mau menjadi orang Politik, kita tidak akan jadi bangsa yang mudah dipermainkan oknum-oknum tidak bertanggung jawab, dan diatur seenaknya oleh orang-orang yang sebenarnya tidak mengerti politik.

Jadi, saya memutuskan untuk mulai mempelajari Politik. Bukan hanya karna Ilmu Politik ada dalam matakuliah wajib😂, tapi karena ada sisi menarik dalam sebuah Politik yang sebelumnya terlihat "kotor" itu.




-Mizi Janet-
Fikom 2B Univ. Bhayangkara Jakarta Raya
TUGAS Pengantar Ilmu Politik #1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar